Pada hari Rabu, 30 April 2025, Buletin Project, program kerja terbaru periode 2024/2025 dari Unit Kegiatan Ekstrakurikuler (UKE) Buletin Psikologi (BUPSI) Fakultas Psikologi (F.Psi.) Universitas Tarumanagara (UNTAR), sukses menyelenggarakan acara “IDN Goes to Campus”. Acara ini merupakan bentuk kolaborasi UKE BUPSI bersama IDN, perusahaan yang beroperasi di bidang teknologi konsumen multifaset di Indonesia. Acara ini berlangsung di Ruang Auditorium, Gedung J Lt. 5 Kampus 1 UNTAR dan dihadiri oleh mahasiswa/i F.Psi. UNTAR. Melalui tema “FOCUS: Framing Opportunities, Crafting Unique Strategies”, acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan seputar personal branding dan content strategy di era digital.
Acara “IDN Goes to Campus’ dibuka oleh Master of Ceremony (MC), yaitu Monalisa dan Claudia. Kata sambutan pertama diberikan oleh Maryam Zahra selaku ketua pelaksana Buletin Project, dan dilanjutkan dengan Karisa Veren selaku Ketua Umum UKE BUPSI Periode 2024/2025. Sambutan berikutnya diberikan oleh Ibu Sri Tiatri Ph.D., Psikolog selaku Dekan F.Psi. UNTAR yang turut hadir bersama Bapak Untung Subroto M.Psi., Psikolog. selaku perwakilan fakultas. Kata sambutan terakhir diberikan oleh Kak Irabilla Putri Suparno selaku perwakilan IDN. Acara dilanjutkan dengan sesi penyerahan plakat dari pihak IDN kepada pihak F.Psi. UNTAR sebagai bentuk apresiasi.
Kredt foto : Tim Publikasi dan Dokumentasi Buletin Project 2024/2025
Usai sesi pembukaan, peserta diajak bermain game tebak logo produk dari IDN melalui Kahoot. Tiga peserta dengan skor tertinggi berhak memperoleh hadiah menarik. Setelah sesi game berakhir, tibalah di sesi yang sangat ditunggu-tunggu peserta, yaitu sesi talk show. Sesi utama ini dimulai dengan pemaparan ekosistem digital milik IDN, yaitu digital media, live streaming, entertainment, dan creators economy, yang disampaikan oleh Kak Mirzana Maharani Lazuardini, selaku moderator yang juga sebagai Community and Partnership Associate IDN. Talk show ini dipandu oleh kak Mirzana dan menghadirkan dua narasumber dari IDN, yaitu Kak Donny Andrian (Sr. Social Media Manager IDN) dan Kak Mayang Ulfah (Social Media Manager IDN Times).
Sesi talk show ini mengangkat topik “Omnichannel Content Strategy: Memaksimalkan Platform yang Tepat untuk Target Audiens”, peserta diajak memahami bagaimana IDN mengelola konten agar sesuai dengan target audiens di berbagai platform media sosial. Dalam pembuatan konten, Kak Donny dan Kak Mayang juga menekankan pentingnya konsistensi dan pendekatan komunikasi yang disesuaikan dengan karakteristik audiens di berbagai platform media sosial.
Kredt foto : Tim Publikasi dan Dokumentasi Buletin Project 2024/2025
Acara berlangsung dengan sangat interaktif, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab bersama narasumber yang berpengalaman di bidangnya. Peserta yang aktif bertanya akan mendapat hadiah dari IDN sebagai bentuk apresiasi. Tak sampai di situ, keseruan acara pun berlanjut dengan game “Angka Bomb”, dimana peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari MC berhak mendapatkan hadiah. Acara ini ditutup dengan sesi penyerahan plakat dari UKE BUPSI kepada IDN sebagai bentuk apresiasi dan juga sesi foto bersama.
Setelah acara berakhir, tim Liputan BUPSI mewawancarai Maryam Zahra, selaku Ketua Pelaksana Buletin Project. Menurut Maryam Zahra, proses persiapan acara ini cukup menantang sebab ini merupakan pertama kalinya UKE BUPSI bekerja sama dengan pihak eksternal. Syukurnya setiap sesi sudah berjalan dengan baik dan lancar. Secara keseluruhan, acara ini sudah sesuai ekspektasinya. Ia berharap agar UKE BUPSI dapat kembali mengadakan acara seperti ini di periode berikutnya agar semakin banyak mahasiswa/i yang mendapat wawasan di bidang digital. GA/FF